Penyakit yang sangat rentan terjadi. kram otot, berikut penyebabnya

Kram otot merupakan kondisi yang sangat wajar dan sering terjadi pada kebanyakan orang. Kondisi tersebut  dapat terjadi kapanpun dan dimanapun bahkan ketika kita bangun tidur ataupun sedang tertidur. Otot yang terlalu tegang dan terjadi terus menerus menjadi salah satu faktor dari penyakit kram otot tersebut. penyebabnya memang belum dapat dipastikan secara langsung, hanya saya untuk beberapa faktor penyebabnya karena tegang yang terlalu lama hingga mengakibatkan kram tersebut terjadi. beriku untuk sementara beberapa faktor yang menjadi penyebab dari timbulnya kram tersebut. diantaranya:

  • Olahraga, bisa menjadi penyebab kram otot karena saat Anda melakukan aktivitas tersebut otot menjadi lebih sering digunakan. Otot akan menegang dan mengendur, ada kalanya otot digunakan berlebihan sehingga menyebabkan kram.
  • Tidak minum dengan cukup. Kalau Anda kurang minum, tak hanya tenggorokan Anda saja yang kering, tetapi juga otot-otot tubuh akan merasa ‘kehausan’.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB, obat diuretik, dan obat steroid.
  • Kekurangan mineral, contohnya magnesium atau kalium.
  • Berdiri atau sedang duduk dalam waktu yang cukup lama.

Adapun beberapa resiko yang memudahkan kita mengalami penyakit kram otot tersebut, seperti usia yang semakin tua, sehingga banyak kehilangan massa otot yang dimiliki seperti waktu muda. Jarang olahraga, terlalu lama menggunakan sepatu hak tinggi, serta paa masa kehamilan yang sangat sering ditemukan terjadi. Jika kita mengalami kram otot tersebut, lakukan beberapa pencegahan seperti pijatan agar kramu tidak mengalami kram tersebut kembali, dan lakukan pijatan tersebut pada bagian tubuh yang sering kali mengalami kram, lakukan pemanasan sebelum berolahraga, dan tentunya pstikan tubuh kita mendapatkan kebutuhan air putih dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan lainnya dengan sangat baik. Namun, jika kram otot masih saja terjadi maka saran terbaik lakukan konsultasi segera pada dokter terdekat. Agar mendapatkan beberapa resep yang memungkinkan dapat memberikan kesembuhan pada penyakit kram otot yang terjadi pada kita. Untuk mengatasi penyakit tersebut, tidak perlu khawatir. Berikut beberapa cara penanganannya yang mungkin dapat membantu kita dalam penyembuhan atau kram yang semakin memburuk terus menerus.

  • Pijat 

Memijat bagian otot yang menegang bisa membantu meredakan kram. Namun, jangan memijat kaki kram terlalu kencang karena dapat memengaruhi kelancaran aliran darah.

  • Hindari aktifitas yang dapat melemahkan otot.

Lakukanlah peregangan ringan, misalnya dengan menggerakkan kaki atau berjalan perlahan-lahan.

  • Lakukan pengomresan

Kompres atau mandi dengan air panas bisa membantu mangatasi kram. Namun, cara ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes atau cedera saraf tulang belakang. Selain itu, mengombinasikan kompres hangat dengan kompres dingin juga dapat membantu meringankan kaki kram.

  • Perbanyak minum air putih

Minum air putih atau minuman yang mengandung elektrolit, untuk mengisi cairan tubuh. Cara ini mungkin membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, namun bisa mencegah terjadinya kram lebih lanjut. 

  • Gunakan obat-obatan pereda makanan

Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol atau gel penghilang nyeri, sesuai petunjuk penggunaan

  • Konsumsi makanan kaya magnesium

Konsumsilah makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, yang kaya akan magnesium, bila Anda sering mengalami kram kaki yang tidak terkait dengan kondisi kesehatan lainnya. Bila perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen magnesium. Namun untuk ibu hamil, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter apabila ingin mengonsumsi suplemen ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *