Tips Mendekorasi Kamar Tidur Anak Laki-Laki agar Terasa Lebih Arsy dan Nyaman!

Mengajarkan anak agar bisa membangun kemandiriannya sejak dini sebenarnya bisa diterapkan oleh para orang tua dari hal-hal kecil, misalnya saja membiarkan anak untuk tidur sendiri dikamarnya. Namun, tidak semua anak langsung berani tidur sendiri. Terkadang, buah hati kamu masih suka tidur dipelukan ibunya. Tapi, dengan menyiasati kamar anak laki-laki kamu bisa membuat mereka jadi lebih betah dan tidak asing dengan kamar tersebut. Mendekor kamar anak memiliki peran penting dalam menentukan suatu  kenyamanan. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, baik itu anak laki-laki maupun anak perempuan.

Daripada kamu memaksa si kecil agar tidur ditempat yang masih terasa asing untuknya, ada baiknya kamu memulainya dengan menemani anak tidur di kamarnya sampai dia sudah merasa lebih nyaman untuk tidur sendiri. Selain itu, kamu juga perlu menata kamar jagoan kecilmu menjadi senyaman mungkin agar dia bisa lebih betah di kamarnya. Kamar anak laki-laki dan anak perempuan tentu saja berbeda. Sehingga dalam penataan kamar tidur anak laki-laki pun pasti berbeda pula. Nah, agar anak bisa merasakan nyaman dan aman saat berada di kamar tidurnya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam mendekorasi kamar tidur anak laki-laki berikut ini!

  1. Tentukan Warna dan Tema Kamar Favorit Anak


Sumber: pinterest.com

Kamar anak biasanya dihiasi dengan karakter favorit si kecil. Kamu bisa meminta pendapat anak tentang tema dan warna yang digemarinya. Dengan mengajak anak untuk berpartisipasi mendekor kamar tidurnya, mereka akan mempunyai rasa tanggung jawab pada kebersihan dan kenyamanan kamar tidurnya sendiri. Umumnya, kamar anak laki-laki penuh dengan hal yang berbau otomotif seperti motor, pesawat terbang atau mobil. Selain itu, biasanya mereka juga menyukai hal-hal seperti film animasi, kartun serta film-film robot. Nah, kamu bisa menghiasi kamar anak laki-laki kamu dengan pernak-pernik tersebut sesuai dengan kegemarannya.

  1. Berikan Ruang Bermain dan Belajar


Sumber: pinterest.com

Bisa dikatakan anak laki-laki lebih aktif dibandingkan dengan anak perempuan. Dirasa kamu perlu menyediakan ruangan yang cukup luas untuk ruang bermain si kecil. Area bermain yang ada di dalam kamar tidur anak laki-laki bisa berpengaruh pada tingkat kebetahan dan kenyaman anak di kamar. Sehingga perlu memberikan ruangan yang luas mulai dari ruang bermain dan meja belajarnya.

  1. Pilih Perabotan yang Ramah Anak


Sumber: pinterest.com

Di masa kanak-kanak umumnya mereka akan sangat aktif dan suka berlari-lari di dalam rumah. Jadi, pemilihan perabotan untuk di kamarnya pun harus yang ramah pada anak-anak. Pilih perabotan yang ujungnya tidak memiliki runcing untuk mengantisipasi kecelakaan saat anak sedang beraktivitas. Untuk penataanya pun harus ditata dengan sedemikian rupa sebab anak laki-laki cenderung lebih aktif ketika beraktivitas.

  1. Buat Tempat Khusus Penyimpanan Barang-Barang


Sumber: pinterest.com

Menyediakan tempat khusus untuk menyimpan barang-barang anak juga penting lho untuk diperhatikan. Apalagi anak laki-laki biasanya suka mengoleksi banyak mainan anak seperti action figure, mobil-mobilan atau robot-robotan. Dengan hadirnya tempat tersebut, orang tua pun bisa mendidik anak untuk lebih rapi dan membereskan mainan yang telah digunakan bermain untuk disimpan kembali di tempat awalnya. Kebiasaan yang baik tentunya harus dilatih sedini mungkin.

  1. Gunakan Penerangan yang Memadai


Sumber: pinterest.com

Untuk menjaga kesehatan mata dan kenyamanan anak, pencahayaan di dalam kamar pun harus yang memadai. Karena jika kamar tidak mempunyai cahaya yang memadai, bisa terlihat suram dan menyeramkan untuk si kecil. Bahkan ini bisa membuat anak jadi tidak nyaman untuk tidur sendiri. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih lampu yang tepat untuk kamar si kecil, ya.

  1. Pakai Karpet Lembut dan Empuk


Sumber: pinterest.com

Untuk mengantisipasi kecelakaan pada anak karena lantai yang licin hingga membuatnya terpeleset tentunya kamu perlu memperhatikan karpet yang tepat untuk dikamarnya. Pilihan karpet yang lembut dan empuk bisa digunakan sebagai bantalan anak saat terjatuh. Sehingga bisa  mengurangi tingkat kecelakaan si kecil. Keselamatan pada  anak tentunya sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua.

Itulah tips mendekorasi kamar anak laki-laki agar si kecil bisa betah dan nyaman pada kamar tidurnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *